Obama Unggul Dana dan Popularitas

USA - Kandidat presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Barack Obama, semakin di atas angin. Obama pekan ini sudah berhasil memperoleh dana kampanye sebanyak US$ 100 juta, lebih banyak dibanding lawannya dari Partai Republik, John McCain. Padahal McCain telah mengantongi US$ 350 juta atau tiga triliun rupiah.

Belum lagi banyak polling menunjukkan Obama punya apa yang dicari publik AS saat ini. Dari pertanyaan siapa presiden AS yang ideal, sekitar 51 persen lebih menyukai presiden dari Partai Demokrat. Kemudian 76 persen berpendapat McCain hanya akan melanjutkan kebijakan Bush, dan 50 persen tertarik dengan latar belakang Obama.

Obama banyak dicintai karena harapan dan optimisme. "Ia menawarkan masa depan yang baik," kata Peter.

Saat ditanya tanggapan publik AS soal latar belakang Obama yang pernah tinggal di negara muslim terbesar di dunia? Dikatakan Peter bahwa masyarakat AS harus mengerti akar Indonesia Obama akan membawanya menjadi presiden karena menawarkan wawasan yang luas. "Itu penting mengingat hubungan AS dengan negara-negara lain telah memburuk," kata dia.

Tapi, bukan berarti jalan Obama pasti mulus. Dua faktor penghambat adalah sikap konservatif sebagian masyarakat. Apakah siap menerima presiden yang muda dan bukan berkulit putih?. "Dari cara Obama menangani ras terlihat sangat santai. Ia merangkul dan menyatukan masyarakat, dan langkahnya berhasil," ujar Peter.

Antara sekarang dan pemilihan umum November mendatang masih banyak yang dapat terjadi. Akankah Obama berhasil mempertahankan keunggulannya sampai nanti.

Berita Internasional | - -