Zimbabwe Rilis Uang Pecahan 100 Miliar

Harare - Ingin merasakan jadi miliarder? Cobalah memiliki mata uang Zimbabwe. Pemerintah Zimbabwe, baru-baru ini, mengeluarkan mata uang baru dengan pecahan 100 miliar dolar. Jangan kaget dulu karena selembar uang 100 miliar ini ternyata hanya senilai US$ 5 dalam kurs resmi pemerintah setempat.

Bagi masyarakat Zimbabwe, uang pecahan 100 miliar itupun tak ada artinya. Karena selembar uang ini bahkan tidak bisa digunakan membeli sepotong roti yang di Zimbabwe harganya mencapai 200 miliar. Semua itu terjadi karena negara ini mengalami super inflasi yakni 2,2 juta persen. Artinya harga-harga melambung 2,2 juta kali lipat.

Permasalahan baru pun muncul. Setiap kali transaksi, penjual atau pembeli harus hati-hati menghitung angka nol di setiap harga. Kalkulator bisnis juga tidak terbiasa menghitung dalam miliar dan triliun.

Perebutan kekuasaan politik yang menyeret Zimbabwe ke dalam bencana ekonomi. Delapan dari 10 orang di negara ini menganggur.

Bagi masyarakat internasional, mata uang dengan 11 angka nol ini rupanya menarik untuk dikoleksi. Meski nilai resmi kursnya US$ 5 atau US$ 1 di pasar gelap, mata uang ini dijual dengan harga hampir US$ 80 di pasar dunia maya atau e-bay.

Berita Internasional | - -