23 Orang Tewas Pasca Ledakan Bom

Dera Ismail Khan - Sedikitnya 23 orang tewas pascaledakan bom di dekat rumah sakit di Distrik Dera Ismail Khan, Pakistan barat daya, Selasa (19/8). Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab atas serangan ini. Pemerintah setempat menyatakan serangan ini bermotifkan konflik antarsekte.

Ledakan ini terjadi hanya berselang sehari setelah Presiden Pervez Musharraf mengundurkan diri. Musharraf memutuskan mengakhiri sembilan tahun kekuasaannya setelah menghadapi ancaman pemakzulan dari partai-partai koalisi yang berkuasa. Pejabat Presiden sementara diisi Ketua Senat, Muhammad Sumroo.

Kelompok partai koalisi yang berkuasa itu hari ini bertemu guna menggodok kandidat presiden baru. Presiden baru sudah harus terpilih dalam 30 hari ke depan.

Rezim Musharraf selalu bersikap keras dalam menghadapi kelompok-kelompok militan. Akan tetapi pemerintahan baru telah menyatakan akan mengambil pendekatan yang berbeda dari Musharraf saat menghadapi kelompok militan. Selain itu, presiden baru juga harus mencari solusi untuk mengembalikan hakim-hakim yang dipecat oleh Musharraf, November tahun lalu.

Berita Internasional | - -