Suu Kyi Temui Pengacaranya

YANGON - Ikon demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi akhirnya bisa kembali bertemu pengacaranya, U Kyi Win. Juru bicara Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Nyan Win menyampaikan kabar gembira itu kemarin (10/8).

Menurut Nyan Win, Suu Kyi bertemu pengacaranya tersebut pada Jumat (8/8). Itu pertemuan pertama mereka dalam lima tahun terakhir. ''The Lady akhirnya bisa bertemu pengacaranya, U Kyi Win,'' kata Nyan Win. Namun, Nyan Win enggan membeberkan detail pertemuan yang berlangsung selama dua jam tersebut.

Nyan Win hanya mengatakan, kesempatan itu dimanfaatkan Suu Kyi untuk mendiskusikan penahanan atas dirinya. Sebab, dia telah menjalani hukuman selama lebih dari 12 tahun tanpa diadili. Peraih penghargaan Nobel Perdamaian yang biasa disapa dengan The Lady itu ditahan sejak Mei 2003, sebagian besar tahanan rumah. Berdasar aturan hukum di Myanmar, seorang warga negaranya hanya bisa dikenai masa penahanan maksimal lima tahun.

Tahun ini seharusnya Suu Kyi sudah bebas. Namun, junta memperpanjang masa hukumannya hingga tahun depan. NLD menentang perpanjangan masa hukuman tersebut. Awal bulan ini, NLD memberitahukan penahanan Suu Kyi itu kepada PBB. ''Kesehatan The Lady cukup baik saat pertemuan tersebut," tambah Nyan Win. Terakhir Suu Kyi diperiksa dokter pada Mei lalu.

Berita Internasional | - -