Warga Desak Cabut Paspor Thaksin

BANGKOK - Warga Thailand tarsus mendesak pemerintah Thailand mengejar mantan Perdana Menteri (PM) Thailand Thaksin Shinawatra untuk menjalani pengadilan atas dugaan korupsi yang didakwakan kepadanya dan istri. Kali ini, pemerintah didesak mencabut paspor Thaksin dan keluarga. Desakan itu memuncak dalam demo ribuan warga Thailand menuntut ekstradisi Thaksin dari Inggris belakangan.

"Sekertaris Jendral Partai Demokrat Thailand Thepthai Senpong juga meminta Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Thailand Samak Sundaravej untuk serius memepertimbangkan tuntutan tersebut," lapor Bangkokpost kemarin (24/8). Pencabutan paspor juga dimaksudkan untuk memperjelas komposisi pemerintah baru.

Dalam kesempatan yang sama, Theptahai juga menyinggung isu masuknya putra Menteri Dalam Negeri Thailand ke dalam militer. Ia mengatakan perlunya Komisi Nasional Pemberantasan Korupsi Thailand (National Counter Corruption Commission/ NCCC) untuk menginvestigasi adanya aroma nepotisme yang melibatkan PM Thailand, Samak Sundaravej.

Berita Internasional | - -