Pompa Semangat lewat Makanan

BANGKOK - Ini cara Perdana Menteri Thailand Samak Sundaravej memberi semangat anak buah yang bertugas di kompleks candi kuno Phreah Vihear yang diperebutkan negaranya dengan Kamboja. Saat mengunjungi pasukan di perbatasan Thailand-Kamboja itu kemarin (18/8), dia memasak menu spesial nasi ayam untuk mereka.

Samak memang dikenal gemar belanja dan jago memasak. Bahkan, politikus yang satu ini pernah mengasuh acara kuliner di salah satu televisi di Negeri Gajah Putih itu.

Kepada para serdadu Thailand, PM yang merangkap sebagai menteri pertahanan itu mengingatkan agar mereka tidak emosi. ''Sebagai sesama anggota ASEAN dan saling bertetangga, kita harus hidup berdampingan dan tidak boleh saling bermusuhan dengan Kamboja,'' ujarnya.

Samak menginginkan agar perebutan candi kuno itu diselesaikan lewat jalur diplomasi. Sebulan terakhir, kompleks candi kuno tersebut memang dipenuhi pasukan militer dari Thailand dan Kamboja. Meski tidak saling menyerang, kedua pihak bersiaga.

Tapi, seminggu belakangan, kedua negara tersebut sepakat menarik ratusan pasukan masing-masing. Memang hal itu tidak lantas membuat candi yang diperebutkan tersebut menjadi zona bebas militer. Sebab, Thailand dan Kamboja menyisakan sepuluh anggota pasukan untuk berjaga.

Kunjungan Samak dan penarikan pasukan itu terjadi menjelang perundingan antara dua negara. Dalam perundingan yang belum dijadwalkan waktunya tersebut, masing-masing negara diwakili menteri luar negerinya. Thailand diwakili Tej Bunnag, sedangkan Kamboja oleh Hor Nam Hong. Tempatnya di resor Hua Hin, sekitar 150 km tenggara Bangkok.

Perundingan itu bukan kali pertama. Pada 28 Juli lalu, mereka telah bertemu. Namun, perundingan tersebut tidak membawa hasil manis, malah berujung konflik militer.

Berita Internasional | - -