Soul Kirim Dubes Lagi ke Jepang

SEOUL - Tiga pekan setelah dipanggil pulang ke Korea Selatan (Korsel) terkait dengan konflik Pulau Dokdo atau Takeshima, Dubes Kwon Chul-Hyun segera kembali ke Jepang. Dalam keterangannya kemarin (4/8), Kementerian Luar Negeri Korsel menyatakan bahwa Kwon akan kembali menjalankan tugasnya sebagai Dubes di Tokyo mulai hari ini (5/8).

"Dubes akan kembali ke kantornya di Tokyo mulai Selasa (5/8) karena keperluannya di sini sudah selesai," terang Jubir Kementerian Luar Negeri Korsel Moon Tae-Young. Sekembali ke Negeri Sakura itu, Kwon akan mendesak pemerintah Jepang agar lebih serius menjalankan kesepakatan damai dengan negaranya. Terutama dalam meningkatkan hubungan yang berorientasi pada masa depan kedua negara.

Selama di Korsel, Kwon banyak berkonsultasi dengan pejabat tinggi pemerintahan. Begitu tiba di Seoul pada 15 Juli lalu, dia langsung melaporkan perkembangan konflik Pulau Dokdo atau Takeshima tersebut. Selain melapor ke kantor presiden, Kwon juga menghadap Menteri Luar Negeri Yu Myung-hwan dan anggota parlemen di Seoul.

Kwon dipanggil pulang sebagai protes terhadap klaim Jepang atas pulau kecil tersebut. Pekan lalu pemerintahan Presiden George W. Bush menyebut Korsel sebagai pemilik sah pulau itu. Tapi, pernyataan tersebut lantas direvisi. AS menyatakan, pulau kecil itu tidak bertuan, bukan milik Jepang atau Korsel.

Berita Internasional | - -