Obama dan McCain Bahas Aborsi

LAKE FOREST - Calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Barack Obama berkesempatan sepanggung dengan capres Republik John McCain Sabtu waktu setempat (kemarin WIB). Itu pertemuan pertama keduanya dalam lima bulan terakhir.

Kesempatan tersebut muncul di Gereja Saddleback, Lake Forest, California. Kedua capres diundang ke gereja pimpinan Pendeta Rick Warren itu untuk menyampaikan pandangan politik masing masing di hadapan jemaat. Obama dan McCain masing-masing diberi kesempatan menjawab pertanyaan Warren selama satu jam.

Obama mendapat kesempatan pertama meladeni Warren, sedangkan McCain pada satu jam kedua. Ketika bertukar tempat, kedua kandidat bersalaman dan saling berpelukan dengan hangat. Dalam kesempatan itu, McCain mengatakan tidak mendengar dan melihat sesi Obama.

Di antara isu yang dipertanyakan dalam acara tersebut adalah aborsi. McCain menentang aborsi dengan dalih hak hidup sudah ada sejak telur dibuahi. Namun, sebaliknya, Obama mendukung kebijakan aborsi bila itu menyangkut nyawa orang. ''Seharusnya pemerintah berbuat lebih untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Pemerintah juga perlu lebih membantu ibu-ibu muda. Misalnya, mengupayakan kebutuhan warga miskin dan memperbaiki layanan adopsi.''

Soal adopsi, McCain yang mengadopsi seorang gadis dari Bangladesh juga menyerukan pemerintah mempermudah prosedur adopsi. Dia juga menyoroti masalah moral nasional dan isu pernikahan gay.

Berita Internasional | - -