Obama Percaya Diri Bisa Menang

ALBUQUERQUE - Calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) dari Demokrat Barack Obama kian pede (percaya diri). Maklum, hanya dalam semalam amal, dia mampu mengumpulkan hampir USD 8 juta (sekitar Rp 75 miliar). Itu tentu indikasi bahwa dukungan kepadanya kian besar.

"Saya akan menang, jangan khawatir soal itu," ujar Obama di hadapan 1.300 orang yang menghadiri malam pengumpulan dana di California pada Minggu malam waktu setempat (17/8) atau kemarin WIB.

Obama mengatakan, pertarungannya dengan kandidat Republik John McCain kian menegangkan menjelang Konvensi Demokrat di Denver pekan depan. Apalagi, Obama menghadapi tekanan agar dia segera mengumumkan siapa yang mendampinginya sebagai calon wakil presiden.

Meski begitu, capres kulit hitam pertama AS itu tampak kian pede. Diakuinya, Republik punya segala mesin yang dibutuhkan dan semua itu akan dikerahkan untuk menjauhkan pemilih dari Obama.

Namun, Obama menyatakan tidak akan melakukan kesalahan yang sama seperti dilakukan capres Demokrat sebelumnya. ''Anda tidak hanya punya capres yang tidak akan mengulangi kesalahan masa lalu, tapi juga capres yang akan menyerang balik dengan penuh kekuatan dan kejujuran," kata senator Illinois yang, oleh Ketua Dewan Nancy Pelosi, dijuluki ''pemimpin yang dianugerahkan Tuhan kepada kita saat ini" itu.

Pertemuan Demokrat dijadwalkan pada 25-28 Agustus di Denver. Konvensi nasional itu diharapkan akan menghapus semua luka yang muncul selama pertarungan sengit antara Obama dan Hillary Clinton dalam primary lalu. Di konvensi itu pula, Obama diharapkan sudah memutuskan siapa yang akan mendampinginya sebagai cawapres. Sementara itu, kubu Republik mengukuhkan McCain di St Paul, Minnesota, pada Minggu berikutnya.

Setelah itu, keduanya bertarung dalam debat yang dijadwalkan pada 26 September serta 7 dan 15 Oktober. Para analis yakin, hasil debat capres tersebut akan menentukan keputusan pemilih pada pemilu November mendatang.

Berita Internasional | - -