20 Tewas Dalam Tabrakan Kereta Api

LOS ANGELES - Los Angeles gempar. Bukan karena kampanye John McCain atau Barack Obama, tapi oleh kecelakaan kereta. Sebuah kereta api komuter Metrolink yang memuat 220 penumpang bertabrakan dengan kereta barang Union Pacific dengan kru empat orang pada Jumat sore waktu setempat (Sabtu dini hari WIB) di San Fernando Valley, Los Angeles.

Tabrakan maut itu menewaskan setidaknya 20 orang dan melukai 135 lainnya. Nasib beberapa lainnya yang terjebak dalam kereta dan mobil penumpang yang turut menjadi korban dalam tabrakan itu belum diketahui. Jumlah korban diperkirakan bakal terus meningkat karena sekitar 82 korban luka sedang kritis.

"Ini mungkin kecelakaan kereta api yang paling serius yang terjadi di sini," ujar Wali Kota Los Angeles Antonio Villaraigosa.

Kereta Metrolink itu berangkat dari Los Angeles menuju Moorpark. Tepat di tikungan yang membentuk huruf U, Metrolink berhadap-hadapan dengan Union Pacific yang sedang menuju Los Angeles. Kecelakaan pun tak terhindarkan. Namun, petugas masih menyelidiki penyebab mengapa dua kereta itu bisa berada di jalur yang sama.

Dampak tabrakan itu membuat kedua kereta yang direm mendadak tersebut keluar jalur hingga mengenai sebuah mobil penumpang yang saat itu sedang istirahat di sekitar situ.

John Virant, kepala pemadam kebakaran Kota Los Angeles, mendeskripsikan kejadian itu sebagai kehancuran total. "Ini seperti chaos. Korban luka terus meningkat," ujarnya seperti yang dikutip harian Los Angeles Times.

Salah seorang penumpang Metrolink yang selamat dari maut, Phil Thiele, mengatakan bahwa dirinya mendengar suara tabrakan yang sangat keras. "Ketika saya lihat ke belakang, asap hitam memenuhi gerbong. Banyak orang terluka cukup parah," ucap Thiele.

Menurut pakar transportasi dari University of Southern California Najmedin Meshkati, tempat terjadinya kecelakaan selama ini memang dikenal sebagai jalur maut. "Banyak sekali kecelakaan terjadi di sana selama sepuluh tahun terakhir," tuturnya.

Menurut Jubir Metrolink Denise Tyrell, batas kecepatan maksimal di jalur itu adalah 40 mph.

Berita Internasional | - -