McCain Ungguli Obama

NEW MEXICO - Calon presiden dari Partai Republik John McCain mengungguli rivalnya Barrack Obama dalam polling pemilihan presiden yang diumumkan kemarin.

Ini merupakan perolehan hasil polling tertinggi yang diraih Mc Cain sejak Januari tahun ini. Pengambilan sample dilakukan harian USA Today sebagai penyelenggara polling, Jum'at hingga Minggu (6-7/9/2008), atau setelah konvensi Partai Republik.

Seperti diberitakan Reuters, Senin (8/9/2008), McCain mengantongi 50 persen suara sementara Obama 46 persen. USA Today melibatkan sebanyak 1.022 responden dalam survei ini dengan tingkat kesalahan ± 3 persen.

Harian USA Today menyatakan, popularitas McCain terangkat setelah konvensi berlangsung. Lontaran Isu penting dalam kampanye McCain, bahwa lawannya, Obama memiliki program menarik untuk mengatasi masalah ekonomi AS, justru mendongkrak citra McCain.

Dalam wawancara dengan jaringan radio CBS, jika terpilih McCain berjanji menggandeng kalangan Demokrat dalam susunan kabinetnya. Ini dilakukan untuk meredakan atmosfer politik di Washington.

"Saya belum tahu berapa banyak (porsi kabiner Demokrat) yang bisa disampaikan. Yang jelas saya tak akan menjalankan pemerintahan secara single," ungkapnya.

Sebelumnya dalam sebuah wawancara dengan televisi ABC, Obama menyatakan bahwa rencana McCain untuk mengurangi tensi politik di Washington merupakan senjatanya untuk menarik simpati.

Berita Internasional | - -