Topan Ike Ciptakan Gelombang Besar

Galveston - Topan Ike menimbulkan pemandangan mengagumkan sekaligus mengkhawatirkan di Pantai Surfside, Kota Galveston, Texas, Amerika Serikat, baru-baru ini. Kedahsyatan topan berkekuatan 210 kilometer per jam ini nyaris menyapu puluhan rumah pantai di Pantai Surfside. Padahal badai tersebut belum sepenuhnya tiba karena posisi intinya masih berjarak 265 kilometer dari Kota Falveston.
Badan Layanan Cuaca Nasional memperingatkan warga agar tak berpikir dua kali untuk mengungsi. Mereka yang menolak dipastikan akan berhadapan dengan maut. Namun jika situasi tidak memungkinkan, warga dianjurkan berlindung di dalam rumah dan tidak keluar hingga bantuan datang. Saat ini sekitar 42 helikopter militer telah disiapkan untuk membantu proses evakuasi.
Sementara di Houston, sekitar 80 kilometer dari Galveston, sekitar 200 ribu penduduk telah diungsikan. Inti topan Ike diramalkan akan tiba di Galveston pada Sabtu (13/9) dini hari waktu setempat, dengan kekuatan topan mampu menciptakan gelombang ombak setinggi rata-rata enam meter.

Berita Internasional | - -