Badai Ike Menuju Houston

Galveston - Angin kencang berkecepatan 177 kilometer per jam disertai ombak besar terus menghantam ratusan ribu rumah di Kota Galveston, Texas, Amerika Serikat, Sabtu (13/9). Dalam beberapa jam, badai Ike yang berkecepatan 177 kilometer per jam diperkirakan tiba di Kota Houston.

Badai tiba di pesisir pantai Texas pada Jumat petang waktu setempat atau Sabtu subuh Waktu Indonesia Barat. Sampai saat ini, badai telah merusak wilayah pesisir pantai Texas.

Hampir satu juta orang telah dievakuasi Houston, pada Sabtu (13/9). Pemerintah federal pun ikut turun tangan menangani kondisi darurat di kota terbesar keempat di AS ini. Evakuasi antara lain menggunakan helikopter militer. Sementara pemerintah negara bagian terus meminta warganya yang masih bertahan untuk mengamankan diri.

Kondisi diperkirakan masih akan memburuk. Menurut Menteri Urusan Keamanan Dalam Negeri, Michael Chertoff, badai Ike lebih besar daripada badai Katrina. Kondisi ini sangat membahayakan keamanan serta kesejahteraan masyarakat.

Belajar dari pengalaman Katrina dulu, pemerintah maupun warga bersiap menghadapi yang terburuk. Saat ini listrik pun padam. Lewat pusat-pusat penampungan, 5 juta lebih paket makanan siap saji dan hampir 6 juta liter air serta ratusan pembangkit listrik telah disebar.

Berita Internasional | - -