Gedung PM Samak Jadi Kumuh

BANGKOK - Kondisi Gedung Pemerintahan Thailand di Bangkok semakin memprihatinkan memasuki hari ke-12 demo antipemerintah kemarin. Ribuan demonstran yang camping di halaman gedung membuat tempat itu kumuh, pesing, dan becek.

''Di mana-mana tercium bau tidak sedap, tapi kami bisa bertahan demi 'menggulingkan" pemerintahan ini. Bahkan, kami pun siap mati untuk itu,'' kata Mananya Maksukkha, seorang guru berusia 54 tahun yang turut bergabung dalam demonstrasi tersebut.

Suasana lain kemarin muncul. Sejumlah pengunjuk rasa melakukan aksi menanam padi di halaman berumput gedung tersebut. Tentu saja tanam padi itu bukan untuk memenuhi kebutuhan logistik mereka, yang selama ini selalu ada pasokan.

Dan meski sudah hampir dua pekan menduduki gedung PM Samak Sundaaravej, para demonstran tetap saja tidak mau juga menyudahi aksi mereka. Mereka terus menegaskan bahwa hanya kemunduran PM Samak yang bisa membuat mereka pulang. Mereka juga tetap menolak negosiasi dengan orang dekat mantan PM Thaksin Shinawatra itu. Setali tiga uang, Samak pun bergeming. Dia tidak akan meninggalkan jabatan hingga masanya berakhir. Meski demikian, upaya negosiasi terus dilakukan. Seperti yang dilakukan ketua parlemen Prasobsuk Boondej.

Berita Internasional | - -