Lebih Dukung Kepada Taro Aso

TOKYO - Kampanye pemilihan ketua LDP (Liberal Democratic Party) Jepang baru berjalan sehari, namun ''pemenangnya'' sudah ketahuan. Yaitu, Taro Aso yang sejak jauh-jauh hari sudah diunggulkan.

Itu terjadi kalau merujuk hasil survei yang dilakukan media beroplah terbesar di Jepang, Yomiuri Shimbun. Dalam survei yang hasilnya dirilis kemarin (11/9), dari 386 anggota majelis rendah dari partai terbesar di Jepang itu, 197 orang atau lebih dari separo menyatakan bakal mendukung Aso. Selain itu, masih ada 141 orang perwakilan dari cabang LDP se-Jepang yang punya hak pilih. Mayoritas di antara mereka pun menyatakan berada di belakang Aso.

Pemilihan ketua baru LDP akan digelar 22 September mendatang. Siapa pun pemenangnya berhak atas kursi PM Jepang yang kosong sepeninggal Yasuo Fukuda yang sebelumnya juga menduduki kursi ketua LDP.

Berada di posisi kedua dalam survei Yomiuri Shimbun adalah Menteri Keuangan dan Kebijakan Fiskal Kaoru Yasano. Dia tercatat mengantongi dukungan 34 legislator LDP. Yasano dikenal memiliki program ekonomi yang kontras dengan Aso.

Di belakang Yasano, menurut survei yang sama, adalah satu-satunya calon perempuan, yakni Menteri Lingkungan Hidup Yuriko Koike. Disusul dua kandidat lainnya, Shigeru Ishiba dan Nobuteru Ishihara.

Kelima kandidat tersebut kemarin berkampanye di Shibuya, wilayah tongkrongan anak muda di Tokyo. Di tempat tersebut Aso berjanji segera membangkitkan kembali perekonomian Jepang.

''Setelah mengunjungi berbagai komunitas lokal, saya memang merasakan bahwa ekonomi kita akan menurun. Dalam kondisi seperti itu, sangatlah penting bagi kita untuk segera bertindak dan juga fleksibel,'' ujar mantan menteri luar negeri yang dikenal konservatif itu.

Berita Internasional | - -