Putra Mahathir Incar Ketua UMNO

KUALA LUMPUR
- Mukhriz Mahathir terus berusaha menancapkan kuku politiknya di UMNO. Putra mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad itu mengincar kursi ketua UMNO Youth, sayap pemuda partai terbesar di negeri jiran tersebut. Pemilihannya sendiri akan dilangsungkan pada Desember nanti.

"Jika dipercaya untuk memimpin UMNO Youth, saya akan mengembalikan kejayaan partai yang terus merosot selama lima tahun terakhir," tandas Mukhriz.

Kalau benar terpilih, Mukhriz bakal semakin gencar menekan Perdana Menteri Abdullah Ahmad Badawi. Badawi sendiri juga sudah mendeklarasikan keinginannya untuk menduduki jabatan ketua UMNO pada pemilihan Desember mendatang.

Namun, popularitas pengganti Mahathir itu anjlok menyusul buruknya hasil pemilu pada 8 Maret lalu. Barisan Nasional yang dimotori UMNO kehilangan kendali mayoritas di parlemen dan kekuasaan di lima negara bagian. Karena desakan yang semakin kuat, Badawi akhirnya setuju untuk menyerahkan kekuasaan kepada deputinya, Najib Razak, pada 2010.

Tapi, bisa jadi dia harus mundur lebih cepat dari itu. Sebab, Anwar Ibrahim, yang kembali ke parlemen untuk kali pertama selama sepuluh tahun terakhir, telah bertekad untuk melengserkan Badawi pada 16 September mendatang.

Mukhriz juga meminta Badawi tidak mencalonkan diri pada pemilihan Desember mendatang. Sebab, dia sudah terbukti gagal memimpin Malaysia.

Berita Internasional | - -