Pasien Psikopat Perkosa Gadis 14 Tahun

LONDON - Keamanan rumah sakit jiwa (RSJ) di Inggris menjadi sorotan. Pemicunya, pasien psikopat berbahaya lepas dari Rumah Sakit Jiwa Hayes dekat Bristol, kemudian memerkosa gadis 14 tahun. Beruntung dia bisa ditangkap.

''Harkin memang sosok yang berbahaya, namun pelarian ini tidak mengejutkan bagi saya karena keamanan tingkat medium dan rendah di rumah sakit jiwa tidak sama dengan keamanan ketat di penjara," ujar Sir David Ramsbotham, mantan inspektur penjara.

Harkin yang kini berusia 21 tahun membunuh adik tirinya yang masih bayi ketika dia masih berumur 12 tahun. Meski pernah dipenjara, Harkin kemudian dipindah ke Rumah Sakit Jiwa Hayes, sebuah unit perawatan jiwa yang dikelola Yayasan Autestik Nasional Inggris. Di sana, Harkin mendapat pengamanan tingkat medium, kemudian dipindah ke pengamanan tingkat rendah.

Harkin melarikan diri Februari lalu dan memerkosa gadis 14 tahun di siang hari. Ayah gadis itu menyayangkan penempatan Harkin di unit dengan pengamanan rendah. ''Saya merasa masyarakat berada dalam bahaya ketika orang-orang dengan sejarah seperti Harkin ditempatkan di unit yang pasiennya mudah keluar masuk," tandasnya.

Di pengadilan, hakim Nicholas Cooke Q.C. mempertanyakan mengapa Harkin tetap ditempatkan di unit yang pengamanannya rendah setelah kabur sebanyak tiga kali. Bahkan, aksi itu dilakukan Harkin ketika masih berada di unit pengamanan medium. Selain itu, pemuda lemah mental tersebut menunjukkan perilaku yang agresif. Hakim juga menyayangkan bahwa pemuda berbahaya itu diizinkan untuk menyaksikan tayangan-tayangan horor dan berbau pornografi.

Berita Internasional | - -