Badai Tropis Di Carolina Utara Dan Virginia

RALEIGH - Badai tropis Hanna menyebabkan hujan deras dan banjir di Carolina Utara dan Virginia kemarin pagi WIB, tapi tidak menimbulkan kerusakan parah. Hanna juga menyebabkan tumbangnya beberapa pohon dan pemadaman listrik, namun semuanya dapat diatasi dalam waktu setengah jam.

"Saya tidak melihat sesuatu yang parah di sini," ujar William Cusick, 78, warga Carolina Utara, yang membawa anjingnya berjalan-jalan ke pantai kemarin.

Namun, Julia Jarema, juru bicara Pusat Operasi Darurat di N.C, mengatakan bahwa belum adanya laporan kerusakan karena memang para warga belum banyak yang keluar dari bangunan perlindungan mereka. "Begitu hari berganti, saya yakin kita akan mendengar laporan yang lebih banyak tentang banjir," ujarnya.

Sedikitnya 1.500 warga Carloina Utara harus bermalam di bangunan perlindungan sebagai antisipasi menghadapi Hanna. Sedangkan 60 ribu pengguna listrik di wilayah tersebut, terutama di Wilmington, N.C, harus hidup dalam kegelapan kemarin. Begitu pula dengan 20 ribu warga lainnya di Virginia.

Badai Hanna juga mengakibatkan tertundanya penerbangan di Bandara Internasional Raleigh, Durham, kemarin pagi waktu setempat. Perusahaan kereta api Amtrak juga harus mengistirahatkan 10 kereta, termasuk kereta padat penumpang, Silver Meteor, jalur New York dan Miami.

"Untungnya (badai) ini berlangsung saat akhir pekan. Akan terjadi kekacauan jika bencana ini terjadi ketika orang harus berangkat kerja'' ujar Jonathan Blaes, meteorologi di National Weather Service

Tidak banyaknya kerusakan yang diakibatkan Badai Hanna tentu saja disyukuri pemerintah setempat "Kita sangat beruntung. Tidak ada laporan kerusakaan yang terlalu parah'' ujar Greg Troutman, juru bicara Divisi Manajemen Darurat Georgetown.

Bagi pemerintah lokal Carolina, badai Hanna ini juga menjadi latihan sebelum menghadapi Badai Ike yang saat ini sedang berputar ratusan mil di atas Laut Atlantik dan kekuatannya telah memasuki kategori tiga.

Berita Internasional | - -