Vladimir Putin Kalah Seksi

MOSKOW - Di luar Rusia, Vladimir Putin boleh berjaya. Tapi, di negerinya sendiri, perdana menteri Rusia itu malah keok. Tentu tidak untuk urusan politik, melainkan dalam hal penampilan fisik.

Menurut daftar 20 politikus Rusia terseksi pada September yang dirilis majalah terbitan Moskow, Sex & the City, Putin harus puas berada di posisi kedua. Yang lebih ''menyakitkan", yang mengalahkan dia adalah mantan pemimpin partai oposisi, Boris Nemtsov.

''Ini kabar baik...tapi saya tak menganggapnya serius," kata Nemtsov.

Ketika ditanya bagaimana kira-kira perasaan Putin yang dikenal otoriter itu kalah dari lawan politiknya, Nemtsov mengaku tak peduli. ''Dia punya banyak kesempatan untuk membalikkan hasil itu. Mungkin dia juga terkejut akan hasil itu," kata mantan bos Partai Persatuan Sayap Kanan tersebut.

Kremlin selama ini memang selalu berusaha mencitrakan Putin sebagai pemimpin yang dinamis, pemberani, dan menyukai tantangan. Foto-foto Putin bertelanjang dada yang memperlihatkan kondisi fisiknya yang prima pernah dirilis secara resmi. Di awal pekan ini, kantor berita Interfax juga melansir kabar bahwa mantan presiden Rusia itu berhasil menyelamatkan seorang kru televisi dari terkaman harimau Siberia.

Ditambah dengan keberhasilannya membangkitkan kekuatan ekonomi, politik, dan militer Rusia, tak heran pesona pria 55 tahun itu membuat media Barat kepincut. Time menobatkannya sebagai man of the year tahun lalu. Sementara itu, beberapa hari lalu Vanity Fair memilihnya sebagai pria paling berpengaruh di dunia.

Jadi, benarkah Putin kecewa? Dimitry Peskov, juru bicara Putin, mengaku hanya tertawa ketika mendengar kabar kekalahan bosnya dari Nemtsov. ''Sulit bagi saya untuk mengomentari kabar itu," katanya.

Berita Internasional | - -