Adik Kelas Thaksin Dapat Promosi

BANGKOK - Di tengah aksi demonstrasi yang melibatkan sekitar 25 ribu anggota aliansi rakyat untuk demokrasi (PAD), pemerintah Thailand mengumumkan calon komandan tertinggi militer kemarin (31/9). Dan, salah satu nama yang disebut bakal menjadi pemimpin baru dalam angkatan bersenjata Thailand itu adalah mantan teman sekelas Thaksin, Jenderal Songkitti Jaggabatara.

Saat ini, Songkitti menjabat sebagai Kepala Staf Gabungan Angkatan Darat. "Sejak 1 Oktober, Songkiti akan menggantikan Jenderal Boonsrang Niumpradit yang memasuki masa pension," kata humas pemerintah dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Bangkok Post kemarin.

Songkitti adalah adik kelas Thaksin saat mereka sama-sama menempuh pendidikan di sekolah militer paling bergengsi di Thailand. Thaksin berada di level yang sama dengan Kepala Angkatan Bersenjata Anupong Paojinda. Selain itu, Jenderal Apichart Penkitti akan dipromosikan menjadi Menteri Pertahanan.

Pemunculan nama adik kelas Thaksin itu diyakini akan menggelisahkan rakyat. Sebab, selama ini selalu ada kekhawatiran bahwa Thaksin mencoba mengontrol militer Thailand dengan mempromosikan teman-temannya semasa masih sama-sama menempuh pendidikan di sekolah militer. Apalagi, sekalipun Thaksin kini tidak lagi menjabat perdana menteri, teman-teman lama Thaksin tetap bisa berkuasa. Bisa jadi, itulah yang membuat sebagian orang tetap tidak tenang.

Bagaimanapun tanggapan atas munculnya adik kelas Thaksin menjadi petinggi militer itu, yang terang Raja Bhumibol Adulyadej telah merestui nama-nama yang diajukan dalam reshuffle pejabat militer. Total, 556 posisi mengalami penyegaran.

Berita Internasional | - -